Sunday, April 1, 2018

Contoh Surat Komplain

Berikut ini adalah contoh surat komplian yang benar. Bagi Anda yang ingin menyampaikan komplain melalui bentuk tertulis alias surat, kali ini saya akan berbagi referensi beberapa contoh surat komplain yang benar yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan. Berikut ini kumpulan contoh surat komplain yang bisa Anda jadikan sebagai bahan wawasan.

Cara Membuat Surat Komplain


Surat komplain merupakan surat formal, dan berikut ini beberapa contoh yang diharapkan berguna bagi Anda.

Contoh Surat Komplain


PT Mobilan Menggema
Jl. Maju Terus No. 01 Telp.(021)1234544
Sukoharjo, Jawa Tengah
———————————————————–
No: 05/HRD/MM/XII/2016 

31 Desember 2016

Lampiran : 4 lembar
Hal : komplain produk

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Maju Karya Group
Jl Lurus Terus No. 321, Jakarta

Dengan hormat,

Kami selaku pimpinan PT Mobil Menggema memberikan penghargaan atas kerjasama yang telah dibagun antara PT Mobil Menggema dan PT Maju Jaya Group selaku penyedia bahan baku untuk stiker mobil selama hampir 6 bulan ini. Namun untuk kepentingan bersama mengenai dibuatnya surat ini kami ingin menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan bahan baku yang perusahaan PT Maju Jaya Group kirimkan kepada kami.

Sebelumnya kami ucapkan terimkasih karena bahan baku dari PT Maju Jaya Group telah sampai ditujuan pada tanggal 28 Desember dengan baik. Namun beberapa hal berikut ini harus kami sampaikan kepada perusahaan bapak/ ibu selaku pimpinan PT Maju Jaya Group, antara lain :

  1. Terlambatnya pengiriman bahan baku yang seharusnya tanggal 15 Desember sudah sampai, dan dalam kesepakatan jika mundur maka mundurnya sekitar 5 hari , tapi dalam kenyataan mundurnya sampai 10 hari. 
  2. Setelah bahan baku sampai dengan baik ke tempat kami, ternyata bahan bakunya tidak sesuai dengan kesapakatan sebelumnya, yang seharusnya bahan baku kualitas A tapi yang dikirimkan kualitas B.
  3. Jumlah bahan baku yang seharusnya berjumlah 200 kg hanya terkirim 180 kg. 

Itulah 3 hal komplain kami terkait dengan bahan baku yang PT Maju Jaya Group kirimkan kepada kami. Untuk selanjutnya kami mengingingkan pergantian bahan baku sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Karena dari keterlambatan dan tidak baiknya bahan baku tersebut menjadikan terganggunya proses layanan iklan mobil berjalan kami.

Semoga kerjasama yang telah terjalin 6 bulan ini bisa berlanjut sampai habis masa kontrak kita. Berikut juga kami lampirkan berkas bukti bahan baku dan nota kesepakatan yang dilanggar.

Terimakasih atas perhatian bapak/ibu pimpinan perusahaan.

Hormat kami,

PT Mobilan Menggema


Hery Purnomo
Direktur Utama


PT. Laksana Indah Permai
Jalan Jendral Sudirman No 28
Komplek Palem Mutiara, Telp (021) 669325
Kota Jakarta 15120
Jakarta Timur
=======================================


Nomor : 59/AK/VI/2017 10 April  2017
Lampiran : –
Hal : PENGADUAN ATAS KIRIMAN BARANG

Kepada
Yth. Manager Pemasaran PT. Makmur Meubel
Jalan Anggrek No.56
Bandung

Dengan hormat,

Dengan ini kami beritahukan bahwa, kiriman Saudara berupa :

1. 6 buah Meja Jati
2. 3 buah Kursi Teras
3. 6 buah Meja Makan
4. 2 Sofa Jati

Telah sampai di tempat kami, dan kami mengucapkan terima kasih. Namun, dengan sangat menyesal kami harus sampaikan bahwa setelah muatan barang kami buka, ternyata di mobil pertama yang bernomor polisi D 3625 SK ada sebuah kursi teras yang rusak. Kerusakannya yaitu terdapat di bagian kaki kursi yang patah.

Menurut kami, kerusakan lemari es tersebut disebabkan karena pengepakan barang yang kurang pas sehingga ketika proses pengiriman barang, kursi tersebut terjatuh atau tertimpa barang lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka dengan ini kami minta kepada Saudara agar dapat segera mengirimkan penggantinya dan kami akan segera pula mengirimkan barang yang rusak tersebut ke alamat Saudara atas beban biaya Saudara.

Demikian keterangan yang dapat kami sampaikan, dan atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,



Zahira Azahra
Manager Pemasaran

Contoh Surat Komplain Untuk Pembelian Barang


Kepada Yth,
Manajer Pemasaran
PT. ______________
Pemilik Showroom Mobil _______
____________________

Perihal: Komplain
Dengan Hormat,

Berkaitan dengan pembelian mobil merek ___________ tipe _________ jenis automatic yang kami lakukan di showroom saudara pada tanggal ___ _______________ 2011, maka berikut kami sampaikan komplain kami:
  1. Bahwa, pada tanggal ___ ___________ 2011 kami telah melakukan pembayaran penuh sebesar Rp. _________________ (________ ________ rupiah) atas pembelian sebuah mobil merek __________ tipe ___________ jenis automatic pada showroom saudara, dan menurut marketing showroom yang melayani kami mobil tersebut akan diantarkan ke tempat yang telah kami tunjuk paling lambat 5 (lima) haris setelah pembayaran tersebut.
  2. Bahwa, dalam kurun waktu 10 (sepuluh) hari setelah dilakukannya pembayaran, ternyata mobil yang kami beli tersebut tidak juga di antarkan ke alamat seperti yang telah kami tunjuk, dan karenanya kami menelpon kembali marketing showroom yang berjanji akan mengantarkan mobil tersebut dalam waktu 3 (tiga) hari berikutnya.
  3. Bahwa, pada tanggal __ _________________ 2011, showroom saudara telah mengirim sebuah mobil merek __________ tipe ____________ jenis manual kepada kami, pengiriman mana tidak sesuai dengan pesanan kami untuk mobil jenis automatic .
  4. Bahwa, berkaitan dengan hal tersebut, maka dengan ini kami merasa kecewa dengan pelayanan yang showroom saudara berikan, dan atas ketidaksesuaian pengantaran barang tersebut, maka kami dengan ini meminta agar saudara dapat menukar kembali mobil manual yang saudara serahkan kepada kami dengan mobil sejenis yang automatic.
  5. Bahwa, jika permintaan kami tersebut tidak dapat dikabulkan, maka kami akan membatalkan pembelian tersebut dan kami meminta pengembalian uang pembayaran barang yang telah kami serahkan.
Demikian komplain ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian saudara demi pelayanan yang baik.
Hormat saya,
_________________
Pembeli

0 comments

Post a Comment